Jumat, 25 April 2008

Korma

Kilas Balik, 25.02.2008.

Udah bulan puasa kah ? kok mau bahas korma ?

He...he ... ndak juga. Bulan Ramadhan masih jauh kok.
Ini ceritanya lagi kangen sama pohon korma nya bukan ke buah kormanya seperti gambar disamping.


Tapi sebelum saya lanjut ... sudah tahukah Anda pohon korma seperti apakah itu ?

Tak jarang beberapa orang hanya mengetahui benar bentuk buah korma dan berbagai macam jenis korma, apakah itu korma madinah, najwah, tunisia, iraq, dll namun tidak paham bagaimana bentuk pohon korma itu sebenarnya.

Pohon Korma itu adalah sejenis tumbuhan Palma (palem-paleman) atau dikenali dalam bahasa latinnya sebagai Phonex dactylifera. Buah yang dihasilkan bisa dimakan masak atau yang mentah.

Kebanyakan pohon korma tumbuh di negara-negara Arab.
Di kalangan penduduk di negara-negara Arab korma adalah makanan utama mereka, malah dikalangan orang kita juga kurma sudah menjadi bahan makanan yang digemari. Selain rasanya yang manis dan tahan lama serta tidak perlu dimasak, korma juga mempunyai khasiat yang banyak dan menjadi makanan utama Nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Sebagaimana hadits dari Anas bin Malik :

“Rasulullah pernah berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat, kalau tidak ada ruthab, maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr, maka beliau meminum air, seteguk demi seteguk” [HR Abu Dawud (no. 2356), Ad-Daruquthni (no. 240) dan Al-Hakim (I/432 no. 1576). Dihasankan oleh Imam Al-Albani dalam Irwa-ul Ghalil fi Takhrij Ahaadits Manaaris Sabiil IV/45 no. 922]

Itulah sekilas tentang pohon korma.

4 tahun yang lalu, sahabat baik saya sekaligus guru saya, Abdel Mugit Al Jilani, dari Maroko, menanam biji korma madinah dan alhadulillah tumbuh menjadi sebuah pohon.

Lalu diberikan ke saya dan saya tanam di median jalan depan rumah kontrakan saya di Telaga Sakinah.

Ada suatu hari saya kangen untuk melihatnya, sekarang sudah tumbuh tegar dan hampir setinggi badan saya.

Sahabat saya sudah lama tidak melihatnya karena sudah tidak di Indonesia lagi. Mudah-mudahan Allah memperlancar urusan beliau dan Allah menjadikan pohon korma ini berkah tersendiri bagi semua orang. aamiiin.

Wassalam,
Yani Pitono

Tidak ada komentar: